Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

DPR Desak Kemenhub Sanksi PO Karunia Bakti

Posted by imankikuk Sunday, February 12, 2012 0 komentar
Foto Kecelakaan Maut Puncak
Foto Kecelakaan Maut Puncak
Foto Kecelakaan Maut Puncak

Kecelakaan di daerah Cisarua, Bogor, Jawa Barat, yang menewaskan 14 orang, membuat DPR Komisi V angkat bicara. Komisi yang mengurusi masalah perhubungan ini mendesak Kemenhub untuk memberikan sanksi tegas kepada Perusahaan Otobus Karunia Bakti. Komisi V yakin bahwa kecelakaan tersebut bukan hanya karena murni kesalahan supir bus, namun juga karena kondisi bus kurang layak pakai dan kurangnya maintenance yang dilakukan PO Karunia Bakti.

Baca Juga :
- Tabrakan Maut Beruntun Puncak Tewaskan 14 Orang
- Lamborghini Aventador LP700-4 Resmi Dijual di Indonesia
- Manohara "Hiasi" Koran Malaysia

DPR Desak Kemenhub Sanksi PO Karunia Bakti

"Kecelakaan itu bukan sepenuhnya kesalahan supir bus (human error), melainkan kesalahan yang terjadi pada sistem pengereman mobil yang rusak (blong). Ini tentunya disebabkan adanya kelalaian perusahaan dalam melakukan pengecekan dan pengontrolan bus, sehingga mengakibatkan kecelakaan fatal," jelas Wakil Ketua Komisi Perhubungan DPR Muhidin Mohamad Said.

Menurutnya, meskipun setiap kejadian kecelakaan, sopir bus selalu dijadikan pihak yang bertanggung jawab atau disalahkan, namun pada kenyataannya pihak yang seharusnya dimintai pertanggung jawabannya adalah pengelola bus atau perusahaan.

"Sanksi tegas dan keras harus diberikan kepada perusahaan bus tersebut karena tidak memiliki standar operasional yang baik. Terbukti terjadi kecelakaan yang cukup parah dengan banyak korban," tegasnya.

Pemberian sanksi tersebut, kata Muhidin merupakan upaya efek jera bagi semua PO bus agar lebih memperhatikan kelayakan bus umum yang membawa banyak penumpang. "Kalau hal ini (sanksi) tidak diberikan, kejadian serupa pasti akan terus berulang," lanjutnya.

Menurut Muhidin, bus umum sedianya harus memiliki kelengkapan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), untuk mengantisipasi dini, jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan. Tentu hal yang lebih penting, meliputi kondisi kelayakan bus juga perlu diperhatikan, seperti rem yang harus berfungsi dengan baik, kondisi ban yang masih bagus dan asap kenalpot yang seharusnya bebas polusi.

sumber :
- okezone.com

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)