Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Wikipedia Ditutup Sementara Karena Protes Terhadap SOPA

Posted by imankikuk Tuesday, January 17, 2012 0 komentar


Wikipedia Akan Ditutup Sementara Waktu

Pada hari Rabu mendatang, untuk sementara waktu kemungkinan besar kita tidak akan bisa mengakses situs global wikipedia. Situs yang sudah lama menjadi bahan informasi layaknya ensiklopedia online ini memprotes sikap Stop Online Piracy Act atau lebih dikenal dengan SOPA. Kabar ini langsung diumumkan oleh Owner Wikipedia "Jimmy Wales" melalui kicauannya di Twitter.

Dilansir Mashable, Selasa (17/1/2012), dalam kicauan Wales hari ini mengatakan, "Ini akan menjadi sesuatu yang 'wow'. Saya berharap Wikipedia akan 'melelehkan' sistem telepon di Washington pada hari Rabu. Beritahu semua orang yang Anda tahu!"

Sepertinya Wales telah mempertimbangkan gagasan blackout atau 'penghentian' tersebut, di halaman pembicara penggunanya. Langkah Wikipedia ini akan bergabung dengan situs besar lainnya, seperti Reddit, di mana komunitas anti-SOPA yang sangat aktif.

Meskipun begitu, Wales mengakui bahwa keputusan itu dibuat berdasarkan konsensus komunitas di antara pengguna Wikipedia. Menurut kicauan lain Wales, Wikipedia berbahasa Inggris menerima sekira 25 juta pengunjung setiap hari. Artinya, blackout hanya akan berpengaruh dalam versi bahasa Inggris.

Maka artinya jutaan pengunjung tersebut, tidak akan disambut dengan buku besar pengetahuan digital seperti biasanya, tapi dengan layar yang menjelaskan sikap perusahaan dan informasi tentang bagaimana untuk mengambil tindakan terhadap SOPA.

Sebenarnya banyak yang tidak merespon deklarasi anti pembajakan tersebut, termasuk salah satunya Wales yang malah merepon dengan sepenuh hati bahwa itu tidak cukup baik.

Bos Twitter : Wikipedia Mengambil Langkah Bodoh

Seperti diketahui, Wikipedia akan offline untuk sementara waktu, sebagai aksi protes terhadap dua undang-undang pembajakan online Amerika Serikat (AS). Tapi tampaknya tidak semua pihak berpikir bahwa langkah tersebut merupakan tindakan yang tepat.

Dilansir Digital Spy, Rabu (18/1/2012), CEO Twitter, Dick Costolo menggambarkan rencana Wikipedia untuk offline tersebut, sebagai hal yang bodoh dan konyol. Costolo, lewat akun twitternya mengatakan, "Itu konyol. Jika menutup bisnis global sebagai reaksi terhadap satu isu politik nasional adalah bodoh."

Meskipun begitu, dalam percakapan selanjutnya dengan pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, Costolo mengklarifikasi komentarnya. Dia mengatakan, bahwa pernyatannya tidak ditujukan sebagai pertimbangan nilai, tentang organisasi lain yang terlibat dalam protes tersebut.

Wikipedia saat ini merupakan tujuan online populer keenam, yang berhasil menarik 25 juta pengunjung setiap hari, dan memutuskan untuk offline selama 24 jam mulai besok. Ini merupakan bentuk protes terhadap Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA).

Wales bahkan menyebut SOPA, sebagai undang-undang internet terburuk yang pernah dilihatnya.

Mengenai aksi protes tersebut, disampaikan oleh Wales melalui akun Twitternya, "Ini akan menjadi sesuatu yang 'wow'. Saya berharap Wikipedia akan 'melelehkan' sistem telepon di Washington pada hari Rabu. Beritahu semua orang yang Anda tahu!"

sumber :
- okezone.com

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)