Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Siapa Saja Para Pendukung dan Penentang SOPA & PIPA?

Posted by imankikuk Saturday, January 21, 2012 0 komentar


Pemerintah saat ini sedang gencar untuk melakukan pemberantasan pembajakan dunia maya, walaupun SOPA dan PIPA masih dalam tahap negosiasi, namun beberapa website terkenal sudah kena getahnya. Sebut saja Megaupload, Wikipedia, atau mungkin kedepannya youtube pun akan segera diblokir. Karena itu banyak sekali kontra dari kalangan web surfer dan owner website yang memiliki situs gratis layanan hosting, yang selama ini kita ketahui maraknya pembajakan mp3 dan tempat disimpannya video-video dewasa.

Baca Juga :
- Akankah Youtube Diblokir SOPA?
- Megaupload Resmi Ditutup
- Wikipedia Akan Ditutup Sementara

Siapa Saja Para Pendukung SOPA dan Penentang SOPA & PIPA?

Bagi para penentangnya, Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA) merupakan ancaman bagi kebebasan berinternet, sebaliknya pendukung rancangan undang undang tersebut menganggapnya sebagai cara menyelamatkan kekayaan intelektual dari pembajakan.

Rancangan undang-undang SOPA tersebut ditulis oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Lamar Smith, dan memperoleh 31 sponsor dalam dewan. Sedangkan PIPA ditulis oleh senator Patrick Leahy, dan mendapatkan 40 sponsor dalam senat.

Gedung Putih telah menyatakan perhatiannya terhadap rancangan undang-undang tersebut, dan menulis pernyataan yang menyebutkan bahwa setiap peraturan yang efektif harus mencerminkan sejumlah besar pemegang saham, termasuk setiap orang, dari para pencipta konten sampai teknisi yang membangun dan merawat infrastruktur internet.

Dilansir PC World, Kamis (19/1/2012), di luar pemerintahan, pihak-pihak yang mendukung SOPA-PIPA kebanyakan terdiri dari perusahaan media. Termasuk label rekaman, jaringan TV, studio film, dan penerbit buku. Beberapa perusahaan yang tertarik untuk melawan penjualan tiruan produknya, seperti produsen produk kecantikan Revlon dan perusahaan farmasi Pfizer, juga muncul dalam daftar pendukung SOPA-PIPA.

Sementara itu di sisi berlawanan berdiri para perusahaan yagn bergerak di sektor teknologi. Mereka menandatangani sebuah surat terbuka untuk menentang rancangan undang-undang tersebut, dan mengirimkannya ke Washington. Pendiri Craiglist, eBay, Google, Mozilla, Twitter, dan Wikipedia, berada di antara mereka yang menandatangani surat terbuka itu.

Selain penentang dan pendukung, ada juga perusahaan yang berada di tengah-tengah antara media dan teknologi. Kebanyakan penerbit video game tetap bungkam terhadap persoalan tersebut. Namun kelompok dagang mereka, yaitu Enetertainment Software Association, mendukung rancangan undang-undang SOPA-PIPA. Busines Software Alliance (BSA) juga mendukung rancangan undang-undang tersebut, namun telah menarik dukungannya karena menilai peraturan itu sudah bertindak terlalu jauh.

Microsoft dan Apple, keduanya merupakan anggota BSA. Tapi Apple tidak menyatakan ke publik mengenai dukungan atau penolakan terhadap SOPA-PIPA, sementara itu Microsoft sekarang telah menentang rancangan undang-undang itu.

sumber :
- okezone.com

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)