Adsense Link 728 X 15;

Produk-Produk Lokal Indonesia Yang Mendunia

Posted by imankikuk Wednesday, January 25, 2012 0 komentar
Kita sebagai orang Indonesia sedikitnya bisa berbangga, ternyata ada beberapa produk asli dalam negri Indonesia ini diminati di dunia. Mas imankikuk akan share untuk kalian yang ingin tahu, beberapa diantaranya seolah-olah berasal dari luar, padahal buatan anak bangsa lho. Yuk kita lihat satu-satu..

Baca Juga :
- 10 Orang Terkenal Yang Sukses Walaupun Drop Out Dari Kampus
- Indonesia Keluarkan Mobil Dalam Negeri "Esemka"
- 10 Negara Dengan Harga BBM Termurah di Dunia

Produk-Produk Lokal Indonesia Yang Mendunia

1.Polygon



Sepeda pasti udah tidak asing lagi di telinga kita, tapi sebenernya ini adalah produk indonesia lho. Mulai dari sepeda gunung, mini, sampai BMX juga ada, tidak salah banyak komunitas sepeda banyak memakai produk ini, jadi tidak usah ragu dengan kualitasnya. Pabriknya terletak di Sidoarjo.

2.Polytron



Namanya mirip dengan polygon, namun mas imankikuk masih belum tahu apakah ini satu management atau tidak. Pabriknya ini terletak di Kudus dan Semarang. Barang yang dikeluarkan mulai dari tv, mesin cuci, kulkas, tape, dll. Untuk masalah kualitas, tidak perlu diragukan, berdiri dari tahun 1970 dan sudah memproduksi tv pada tahun 1970.

3.Byon



Disaat persaingan pasar notebook di indonesia semakin ketat, ternyata ada satu produk lokal kita yang namanya Byon. Produk ini terkenal murah karena ini produk Indonesia, jadi tidak kena pajak macem-macem. Bicara soal kualitas, Byon sendiri mempunyai konsep unik yaitu konsep notebook yang dapat di upgrade menjadi komputer destkop. Produk ini tidak kalah dengan produk-produk lainnya. Kehadiran Byon juga membuktikan bahwa indonesia juga mampu membuat teknologi canggih.

4.Bodypack & Eiger



Jika kita teliti, saat kita melihat Bodypack di suatu toko pasti ada Eiger juga. Hal ini karena Bodypack dan Eiger ini masih dalam satu induk yang berpusat di Bandung. Kedua produk ini terkenal dengan produk tasnya. Perbedaan keduanya terletak pada :
Bodypack : tasnya lebih ke style atau wisata
Eiger : untuk para pecinta alam

5. Lea



Kebanyakan orang mengira Lea adalah produk luar negeri, namun ternyata ini adalah asli Indonesia. Walaupun dengan iklan yang berbau Amerika, Lea adalah salah satu produk kebanggaan Indonesia. Untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

6. J.co Donuts & Coffee



Pasti salah satu dari teman-teman seneng dengan produk ini, produk ini sudah ada dimana mana dan hampir ada di setiap mall. Walau bagaimanapun J.Co ini tetap produk lokal dengan mengandalkan racikan donat dan kopi berkualitas internasional. Dilihat dari lambang J.Co nya adalah burung merak, burung yang terkenal di Indonesia.

7. California Fried Chicken



Namanya Amerika banget yah, tapi ternyata buatan Indonesia. Sebelum nama California Fried Chicken diresmikan pada tahun 1988, California Fried Chicken ini terkenal dengan nama California Pioneer Chicken. Untuk rasanya, tidak kalah dengan Kentucky Fried Chicken nya Amerika.

8. Indomie



Indomie ternyata telah menembus pasar dunia dan telah sampai di afrika. Bahkan Indomie menjadi bahan makanan pokok di Nigeria.

9.Kacang Dua Kelinci



Kacang Dua Kelinci diam-diam telah menembus pasar dunia, bahkan telah menjalin berbagai kerjasama dengan perusahaan luar negeri dan juga dengan klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

10. Bin House



Perancang busana Josephine Komara atau dikenal Obin, adalah perancang busana papan atas Indonesia. Lewat butiknya yang bernama Bin House. Rancangan Obin telah merambah pasar dunia hingga Singapura, Jepang, Amerika Serikat, negara-negara Eropa, Hongkong Thailand dan Malaysia.

11. Cocona Natural Healing



Bermula dari usaha pembuatan virgin coconut oil, PT. Trimatari Bio Persada Recovery, berekspansi memproduksi sejumlah produk spa dan kecantikan. Sekalipun usaha ini baru dimulai tahun 2008, produk cocona sudah diekspor ke luar negeri, contohnya ke Singapura, beberapa negara Eropa Timur, sampai ke Finlandia. Maklum saja, karena permintaan produk spa dari bahan alami di pasar global sangat tinggi. Inovasi Cocona yang memadukan virgin coconut oil dengan bahan-bahan alami berkhasiat lainnya, seperti kopi dan teh hijau, adalah salah satu pendukung kesuksesan di pasar global.

12. Essenza



Bagi yang belum tahu, merek keramik Essenza dikira buatan Italia. Padahal keramik yang terkenal dengan iklannya di televisi “no tile like it”, asli buatan Indonesia yang sukses diekspor ke Italia, dan juga ke 25 negara. Essenza diproduksi PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk yang terletak di Tangerang, sejak tahun 2003. Merek keramik Essenza telah dikenal sebagai keramik berkualitas di Eropa. Kini, merek ini bahkan termasuk salah satu produsen ubin keramik dunia yang sanggup membuat keramik berukuran 60cm X 60cm.

13. Magno



Magno tergolong produk kreatif yang saat ini masih masih diupayakan diproduksi secara massal. Magno adalah radio kayu asli Indonesia buatan Singgih Susilo Kartono yang sudah menebar frekuensi sampai Jepang, Amerika Serikat, Finlandia, Inggris dan Prancis. Konsep yang disodorkan Magno sangat Unik. Lantaran produk di-finishing dengan minyak kayu, bukan pernis, pemiliknya harus rajin merawat radionya secara berkala agar tetap prima. Magno juga berkonsep mendayagunakan barang-barang daur ulang. Harga sebuah radio unik ini cukup mahal, berkisar 200-300 dollar AS, tapi peminatnya banyak.

14. Olympic



Di Indonesia, merek furnitur yang satu ini sudah cukup tersohor. Tapi siapa sangka, ternyata bukan cuma di Indonesia, ternyata produk-produk furnitur Olympic yang juga memproduksi merek-merek Albatros, procella Olympia dan Audio Pro, telah diimpor hingga ke 100 negara.
Ciri khas furnitur Olyimpic adalah desainnya yang knock Down (bongkar pasang), berdesain simpel, dan harganya bersaing. Sejauh ini Olyimpic telah menyabet penghargaan seperti 28th International Award for the Best Trade Name (2004).

15. Radix Guitar



Ide awalnya simpel tidak ada gitar profesional buatan Indonesia yang layak digunakan dalam show internasional. Namun pemikiran itu terus bergema di kepala Toien Bernadhie, sampai akhirnya mendirikan Radix Guitar. Berbekal bahan baku yang sebagian besar lokal, Toien mengurusi pemasaran dan distribusi sendiri ke negara-negara seperti Swedia Denmark, Inggris, Yunani, Swis, Kanada, Australia, Singapura dan Malaysia. Untuk menarik pembeli, Toien memberi tips: buatlah 1 produk yang desainnya disesuaikan dengan content dan budaya buyer internasional. Misalnya, dicantumkan slogan “Carefully handcrafted individually selected and personally inspected”..

16. Gajah Tunggal (Ban GT Radial)



Gajah Tunggal ini sudah mendapat ISO 9001, ISO 9002, E-Mark dari Komunitas Eropa, TUV CERT dari Jerman, kualitas pengujian dari US Department of Transportation, BPS dari Filipina, dan sertifikasi serupa dari Brasil. Jaringan distribusi lebih dari 50 dealer di seluruh Indonesia dan outlet internasional lebih dari 75 negara. GT Tire mengoperasikan total lima pabrik ban untuk ban bias, ban radial, ban sepeda motor dan tabung, tabung ban mobil dan karet daur ulang.

17. Sour Sally



Sour Sally adalah sebuah outlet yogurt beku tanpa lemak revolusiner pertama di Indonesia, yang didirikan di Indonesia pada tahun 2008. Saat ini cabang Sour Sally tersebar di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, maupun di Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura.

18. V8 Sound.com



Pemesanan speaker V8sound.com dalam pameran pro-audio terbesar dunia, Messe Frankfurt Prolight + Sound 2010, 24-27 Maret, lebih dari 1.48€ juta pada hari pertama yg berasal dari 21 negara lebih yaitu Portugal, Uganda, Yunani, Rumania, Istambul, Turki, Kazakztan, Filipina, Prancis, Jerman, Israel, China, Italia, Belanda, Finlandia, Schlieren, UEA, Spanyol, Inggris, India, Belanda, Ukraina dan Swiss

19. Es Teler 77



Waralaba Es Teler 77 didirikan Sukyatno Nugroho, setelah sang mertua bernama Ny Murniati Widjaja menjuarai lomba es teler nasional di tahun 1982. Gerai Es Teler 77 yang pertama terdapat di pertokoan Duta Merlin, Harmoni, Jakarta Pusat. Di gerai Es Teler 77 juga tersedia berbagai makanan pendamping seperti mi bakso dan nasi goreng. Di luar negeri, gerai Es Teler 77 terdapat di Australia, Malaysia, dan Singapura.

Terima Kasih :
- kabarinews.com
- thetarno dari kaskus.us
- onthespot7langka.blogspot.com

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)