Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Inilah Mobil Esemka "Produk Dalam Negeri"

Posted by imankikuk Thursday, January 19, 2012 2 komentar


Mobil Esemka Buatan Anak Indonesia

Impian anak Indonesia untuk membuat mobil lokal alias mobil dalam negeri buatan anak Indonesia akhirnya mulai terwujud. Mobil Esemka, itulah nama yang diambil dari kata SMK, karena mobil ini adalah cikal bakal dari anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia.

Mobil ini dikeluarkan dengan 5 tipe yang berbeda, yakni SUV, Pickup Single Cabin, Pickup Double Cabin, Sedan, dan Van. Mobil Esemka terbilang cukup murah, karena hanya dengan merogoh kocek sebesar kira-kira 80 juta rupiah saja, anda sudah bisa memilikinya.

Pemerintah Didesak Keluarkan Inpres Untuk Mobil Esemka

"Perlu ada Inpres bagaimana mendorong optimalisasi pengembangan mobil Esemka," kata mahasiswa program hukum S3 Universitas Indonesia (UI) Bayu Dwi Anggono, dalam jumpa pers 'Pengembangan Mobil Esemka dari Segi Pandang Hukum' di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (17/1/2012)

Bayu menjelaskan Inpres ini berfungsi untuk menjembatani pengadaan barang-barang Esemka di instansi pemerintahan. Pihaknya juga mendorong instansi pemerintah agar menggunakan produk nasional lainnya. "Komitmen inilah yang menunjukan dukungan pemerintah terhadap barang buatan lokal," tuturnya.

Menurut Bayu, berdasarkan kajian yang telah dilakukan, produk-produk Esemka tidak bermasalah secara hukum. Adanya pernyataan tersebut merupakan hal yang tidak berdasar. "Produk-produk Esemka tidak bermasalah dari aspek hukum. Jika ada yang mengatakan seperti itu merupakan statement yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," bebernya.

Sementara rekan Bayu, Lucky Raspati mengatakan mobil Esemka membutuhkan kepastian hukum agar bisa diproduksi lebih banyak lagi. "Adanya inpres juga menimbulkan kepercayaan diri siswa-siswa SMK untuk terus berkarya," ucap Lucky.

Mobil Esemka Mengoptimalkan Onderdil Lokal

Mobil Esemka mengalami kendala sebelumnya karena onderdil importnya ditahan bea cukai, kini mereka akan fokus untuk membuat sendiri onderdil tersebut. Beberapa dosen hukum ikut mendorong Direktorat Pengembangan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperhatikan langkah SMK yang berani membuat mobil. Mereka bahkan sudah menyusun legal opini terkait kegiatan membuat mobil Esemka.

Dosen hukum dari beberapa kampus negeri itu mengatakan, dalam penulusuran selama penyusunan legal opini tadi, para dosen itu mengatakan ada kejadian yang mencemaskan program pembuatan mobil Esemka. Kejadian ini adalah, penahanan onderdil impor untuk pembuatan mobil Esemka oleh pihak bea cukai. Namun, para dosen hukum ini masih menyembunyikan lokasi penahanan onderdil itu.

Diantara tim penyusun legal opini Bayu Dwi Anggoro mengatakan, gebrakan siswa-siswa SMK dalam mengembangkan pembuatan mobil harus dilindungi. "Sudah tidak rahasia lagi jika muncul opini di masyarakat karya SMK ini akan menghadapi invisible hand," kata dosen Universitas Jember yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Universitas Indonesia itu.

Tim penyusun legal opini ini juga menduga, ada campur tangan pihak tertentu untuk menghambat produksi massal mobil Esemka. Namun, mereka tidak ingin kreatifitas siswa SMK membuat mobil Esemka ini dibenturkan dengan mobil produksi ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). "Keduanya harus bisa bersinergi," tutur dia.

Semoga dengan adanya Mobil Esemka ini menjadi batu loncatan bagi Indonesia agar bisa selalu mandiri dengan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia dari dalam negeri, karena memang anak-anak Indonesia tidak kalah dibandingkan dengan anak-anak luar negeri, hanya saja mereka kurang mendapat kesempatan.

sumber :
- jpnn.com
- detiknews.com

+ komentar + 2 komentar

January 19, 2012 at 11:26 AM

Ini dia seharusnya menjadi produk mobil lokal andalan Indonesia yang bisa dibanggakan.
Seharusnya pemerintah memberikan support kepada industri mobil lokal seperti ini.
Maju terus mobil nasional.
terima kasih.
Sablon Kaos | Tutorial Sablon | Toko Kaos Online™

Thank'sAries For Comment On: Inilah Mobil Esemka "Produk Dalam Negeri"
Anonymous
February 25, 2012 at 8:30 PM

saya dukung produk dalam negeri smoga cepat2 bisa di pasarkan dan diterima oleh masyarakat qta.

Thank'sAnonymous For Comment On: Inilah Mobil Esemka "Produk Dalam Negeri"

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)