Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Dahsyatnya Neraka dan Indahnya Surga

Posted by imankikuk Saturday, January 21, 2012 0 komentar
Perjalanan terakhir bagi umat manusia tidak lain dan tidak bukan adalah antara surga dan neraka. Bagi siapa yang termasuk golongan kanan, dia adalah orang yang sangat beruntung. Namun bagi siapa yang ada di golongan kiri, dia adalah orang yang sangat rugi.

Dahsyatnya Neraka



Kondisi Penduduk Neraka
  • Wajah mereka cacat dan terbakar (QS. Al Mukminum:104)
  • Setiap kulit yang matang karena terbakar maka Allah akan mengganti kulit yang baru, begitu seterusnya. (QS. An-Nisa:56)
  • Wajah yang hangus menghitam, karena kepala mereka akan di pakaikan mahkota api.
  • Penduduk neraka akan mengeluarkan bau yang sangat busuk dari tubuh mereka.
Pakaian dari Neraka
  • Pakaian dari Qathiran yang terbuat dari tembaga yang dilebur. (QS.Ibrahim: 49-50)
  • Tikar dan selimut Api (QS. Al Araf:41)
Makanan dan Minuman Neraka
  • Pohon Zaqqum, Mayangnya seperti kepala Syetan, tumbuh dibawah dasar neraka Jahim, setiap yang memakannya , maka ususnya akan terburai. (Qs. Ad-Dukhan (44) ayat 43-46)
  • Pohon Dhari yaitu pohon duri yang sangat keras, tidak dapat menggemukan dan tidak menghilangkan lapar, karena ia menyumbat tenggorokan, tidak keluar dan tidak juga masuk ke dalam perut demikian menurut Ibnu Abbas. (QS. Al Ghasiyah:6)
  • Ghislin, nanah bercampur darah yang keluar dari penduduk neraka. (QS. Al Haqqah:35-37)
  • Al hamim, yaitu air yang sangat panas yang akan disuguhkan dengan besi panas yang ujungnya di bengkokkan.(QS. An Naba’:24-25)
  • Al Ghassaq, air yang sangat dingin menurut Ibnu umar ia adalah nanah kental yang jika setetesnya ditumpahkan dibarat bumi, niscaya penduduk timur akan mencium baunya yang sangat busuk.
  • Ash Shadid (QS. Ibrahim:16) yaitu air nanah bercampur darah. Ibnu Rajab berkata, air Shadid akan membuat wajah mereka hangus sekaligus membuat seluruh kulit kepala dan rambutnya mengelupas.
Pintu-pintu Neraka

Jahanam memiliki 7 Pintu yang tiap pintu telah ditetapkan golongan yang akan memasukinya. (QS. Al Hijr: 43-44)

Para Penjaga Neraka

Allah menggambarkan tentang karakter malaikat penjaga neraka, mereka adalah makhluk yang sangat keras dan kasar. (QS. At tahrim:6)

Jeritan, Rintihan dan Lolongan (Teriakan) Penduduk Neraka.
  • Diantara kengerian neraka: Penduduknya merintih dan menjerit serta melolong seperti keledai yang meringkik keras, yang demikian itu karena saking pedihnya siksa yang dirasakan. (QS. Al Anbiya:100,Hud:106)
  • Penduduk Neraka akan menangis sampai air matanya habis, sehingga yang keluar dari matanya adalah darah. Mereka merintih dan memohon ampun agar dapat di keluarkan dari siksa neraka mereka berjanji akan beramal shaleh jika dikembalikan di dunia. Namun harapan mereka adalah harapan kosong dan doa mereka adalah doa yang sia-sia. Malaikat berkata,”Sesungguhnya kalian akan tetap berada di Neraka ini.” (QS. Az Zukhruf:77)
Sumur dan Jurang Neraka

Kedalamannya sebagaimana yang disampaikan Rasullullah Saw, dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah.”Pada suatu hari kami bersama nabi Saw. Lantas kami Mendengar suara benda jatuh kemudian Rasulullah Saw bersabda, “Tahukah kalian, suara apakah itu? “kami menjawab,” Allah dan Rasullah lebih mengetahuinya”Nabi Saw bersabda itu adalah suara batu yang dikirim dari neraka jahanam sejak 70 tahun yang lalu dan sekarang baru sampai ke dasar neraka.” (HR. Muslim)

Pemandangan Lain di Jahanam
  • Dijahanam terdapat sebuah gunung api “Shu’uda” yang Allah memerintahkan orang kafir untuk mendakinya.(QS. Al Muddatsir:17) menurut hadist riwayat Imam Ahmad, setiap kali dia meletakan tangannya diatas gunung tersebut, maka tangannya langsung meleleh dan ketika diangkat akan kembali seperti semula. Dia akan menghabiskan waktu selama 70 tahun untuk mendakinya dan menuruninya selama 70 tahun juga.
  • Di jahanam juga terdapat lembah Al Ghayy, yaitu lembah di atas jahanam yang dialiri nanah bercampur darah dari para penghuni neraka, lembah ini disediakan Allah kepada mereka yang meremehkan sholat dan mengikuti sahwatnya.
  • Juga lembah Atsam yang berisi ular dan kalajengking, adzab di dalamnya berlipat-lipat, lembah ini diperuntukan bagi mereka yang berbuat syirik, berzina, dan membunuh jiwa tanpa hak. (QS. Al Furqan:68)
  • Ada juga lembah Maubiqa yang berisi nanah di dalam neraka jahanam, Allah menyiapkan untuk para penyembah berhala. (QS. Al Kahfi:51-52)
  • Ada juga sebuah rumah bernama Al Falaq, Ibnu rajab mengatakan, jika pintunya di buka maka seluruh penduduk neraka akan menjerit karena tidak mampu menahan panasnya. Wallahualam
  • Di jahanam juga terdapat penjara “Bulas” di mana orang-orang yang menyombongkan diri akan digiring seperti semut kecil berbentuk manusia, mereka diselimuti dengan kobaran api dan terbenam dalam keringat dan nanah yang bercampur darah penduduk neraka.(HR. Ahmad, Hasan)
  • Di dalam jahanam ada 3 belenggu Al aghlal yaitu belenggu dari besi membara yang di pasang dileher penduduk neraka. (QS. Saba’:33), Al Ashfad yaitu tali api yang sangat kuat sehingga membuat orang tidak berdaya. (QS. Ibrahim:49) dan As salasil yaitu rantai besi yang panjangnya 70 hasta (QS. Al Haqqah:32)
  • Cambuk jahaman. Allah berfirman “Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi” (QS. Al Hajj:21)
Indahnya Surga



Buah-Buahan & Tanaman Surga
  • Buah-buahan disurga banyak yang serupa dengan buah-buahan di dunia, dilihat dari bentuk dan namanya, bedanya buah di surga buah tersebut tidak layu, busuk, tua atau mengecil dan berkurang sebagaimana buah yang di dunia. Di antara nama buah yang disebut dalam Al-Qur’an adalah delima dan anggur. (QS. Ar Rahman:68)
  • Ibnu Abbas berkata ,”Apabila penghuni surga tertarik untuk memetik bauh-buahan surga, maka buah–buah tersebut mendekat kepadanya hingga dia dapat mengambil buah yang mana ia sukai”. Ia juga berkata”Buah-buah di surga seperti anggur, ia lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, lebih lembut dari pada tepung dan didalamnya tidak ada biji. Adanya tanaman di surga, setelah benihnya disebar maka tumbuh dalam seketika dan siap panen saat itu juga. (HR. Bukhari)
Bangunan Surga

Bangunan yang terbuat dari batu bata emas dan perak. Adukannya beraroma kasturi yang sangat harum, kerikilnya terbuat dari mutiara Lu’lu dan Yaquth dan tanahnya terbuat dari za’faran, seperti tepung putih yang beraroma kasturi. Bentuk-bentuk bangunannya adalah kubah-kubah indah yang terbuat dari mutiara. Rasullullah Saw berjanji barang siapa yang sholat sunnah 12 rakaat sehari semalam, maka Allah akan membangun sebuah rumah untuknya di surga.

Pintu-Pintu di Surga
  • Di dalam surga terdapat 8 pintu, di antaranya adalah pintu Ar-rayyan yang di peruntukan bagi orang yang shaum (Puasa). Seorang wanita yang rajin sholat 5 waktu dan shaum lalu meninggal sedangkan suaminya ridha maka ia akan dipersilakan untuk masuk surga dari pintu manapun yang ia sukai. Pintu-pintu surga senantiasa terbuka, orang yang rajin sholat akan masuk pintu shalat, yang berjihad akan dipanggil dari pintu jihad dan yang bersedekah akan dipanggil masuk dari pintu sedekah. (HR. Bukhari, Muslim)
  • Luas dan lebar pintu surga seperti jarak pengendara tercepat selama 3 hari, jarak antara satu pintu dengan pintu lainnya seperti antara Makkah dengan Bushra.
Pasar di Surga

Rasulullah bersabda ”Sesungguhnya disurga terdapat pasar yang di datangi penghuni surga setiap hari jum’at. Angin utara berhembus dan menerpa wajah dan pakaian mereka hingga membuat mereka semakin tampan dan menarik. Dalam keadaan seperti itu mereka pulang menemui istrinya masing-masing, istri-istrinya mereka berkata,”Demi Allah anda kok semakin tampan dan ganteng saja”, mereka menjawab.”Kalian juga semakin cantik dan ayu”. (HR. Muslim).

Angin dan Bau Surga

Bau aroma surga bisa dicium dari jarak 100 tahun, Ibnu Qayyim berkata aroma surga itu ada 2 macam. Pertama aroma yang bisa ditemui di surga yang dicium oleh para arwah dan tidak bisa diketahui dengan panca indra seperti halnya aroma bunga dan lain sebagainya. Aroma jenis kedua bisa dijangkau oleh penghuni surga kelak, baik dari tempat jauh maupun dekat. Adapun aroma surga di dunia maka ia bisa dicium oleh orang-orang yang dikehendaki Allah, seperti para nabi dan rasul.

Derajat di Surga
  • Rasulullah Saw bersabda sesungguhnya di surga terdapat 100 tingkatan yang disediakan Allah bagi yang berjihad di jalannya, jarak antara satu tingkat dengan tingkat lainnya seperti jarak antara langit dan bumi. Maka jika kalian minta kepada Allah, mintalah surga firdaus. (HR. Bukhari)
  • Tempat tertinggi di surga adalah Al Wasilah yang terletak di surga tertinggi. Ia hanya di huni oleh seseorang yaitu Rasullullah Saw.
Bidadari Surga

Bidadari surga adalah makhluk berkelamin wanita yang di ciptakan Allah untuk penghuni surga. Al-Qur’an dan sunnah menggambarkan tentang keindahan dan kesempurnaan penciptaan mereka. Digambarkan bahwa mereka adalah bidadari yang cantik jelita, putih bersih, dipingit didalam kemah, senantiasa menundukan pandangan, Allah menyebut mereka dengan Khairatun hisan (bidadari yang baik dan cantik), mereka perawan, penuh cinta dan sebaya, kulitnya halus. Dalam hadist bukhari disebutkan kalau kiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia menyinari langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh tutup kepala salah seorangwanita surga lebih baik dari pada dunia dan isinya.

Pemandangan Lain Disurga

Para penghuni surga akan dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal. Mereka duduk sambil bersandar diatas dipan-dipan yang indah. (Al Kahfi:30-31) kasur surga adalah kasur tebal dan empuk. Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. (QS. Ar Rahman:54,76)

Kemah, Ranjang dan Sofa Disurga

Rasullullah bersabda” sesungguhnya setiap orang mukmin di surga disiapkan kemah dari suatu mutiara Lu’lu yang berongga. Tingginya 60 mil. Di dalamnya terdapat keluargannya dan orang beriman berjalan mengelilingi mereka, sebagian mereka tidak bis melihat sebagian yang lain. (HR. Bukhari, Muslim)

Pelayan di Surga
  • Yang senantiasa sibuk melayani para penghuni surga adalah Wildanun Mukhailadun. Mereka adalah anak orang-orang Muslim yang meninggal sewaktu kecil. (QS. Al-Waqiah:17-18)
  • Kendaraan mereka adalah Kuda dan Unta bersayap yang terbuat dari mutiara
Keadaan Para Penghuni Surga
  • Para penghuni surga mulus, tampan, dan bercelak, mereka akan senantiasa muda dan pakaiannya tidak pernah usang.
  • Golongan Pertama yang masuk surga kelihatan seperti bulan purnama. Mereka tidak pernah kencing dan buang air besar, mereka tidak beringus dan meludah. Sisir mereka terbuat dari emas dan bejananya terbuat dari Misk.
  • Para penghuni surga kebanyakan adalah orang miskin dan lemah.
  • Rasulullah adalah orang yang pertama kali mengetuk pintu surga. (HR. Muslim)
  • Diantara ciri penghuni surga adalah sebagaimana sabda nabi Saw.”Maukah aku tunjukan tentang penghuni surga? Ia adalah orang yang lemah dan merendahkan diri (Tawadu). Jika ia bersumpah atas nama Allah, pasti Allah memperkenankan sumpahnya.” (HR. Bukhari & Muslim)
  • Yang terbanyak dari penghuni surga adalah umat Nabi Muhammad Saw. Rasulullah menyebutkan bahwa penghuni surga berjumlah 120 shaf(barisan) dan umat Muhammad berjumlah 80 Shaf dari 120 Shaf tadi (2/3 Penduduk surga)
Yang Pertama Kali Masuk Surga

Yang pertama kali masuk surga adalah Rasulullah dan Abu bakar ash Shiddiq, kelompok pertama yang akan masuk surga tanpa hisab berjumlah 70.000 orang mereka saling bergandengan tangan hingga masuk surga semuanya, wajah mereka seperti rembulan saat purnama (HR. Bukhari). Rasulullah bersabda ”adapun tiga orang yang pertama kali masuk surga adalah syahid, seorang hamba yang tidak disibukan oleh dunia dan taat kepada rabbnya, namun ia menjaga diri dari meminta-minta (HR. Ahmad). Orang-orang miskin akan masuk surga terlebih dahulu dari orang-orang kaya arena mereka tidak memiliki sesuatu untuk dihisab. Selisih waktu antara keduanya adalah 40 Tahun (HR. Ahmad)

Yang Terakhir Kali Masuk Surga

Hamba yang terakhir kali masuk surga adalah orang yang melintasi titian , terkadang berjalan dan terkadang merangkak dan terkadang dilalap Api Neraka hingga hangus. Allah memerintahkannya untuk masuk surga , namun ia melihat seakan surga telah penuh sesak. Allah berkata kepadanya bahwa ia akan diberi kenikmatan 10 X dunia dan isinya. Hingga ia merasa dipermainkan Allah. Namun Allah berfirman itulah derajat penghuni surga yang paling rendah kelasnya (sebagaimana yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim)

Terima Kasih :
- Indahnya.ShunaH dari kaskus.us

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)