Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?

Posted by imankikuk Wednesday, January 18, 2012 9 komentar


Mas imankikuk bukan seorang pakar musik, tapi dengan mendengar pembukaan lagu Best Friend Forever hingga reff terdengar irama yang sama dengan Kissing You milik SNSD.

Ini Lagu CherryBelle "Best Friends Forever"


Ini Lagu SNSD "Kissing You"


Salah Persepsi Tentang Kebiasaan Meniru

Korea memang menjadi sorotan karena negara tersebut berhasil mengeluarkan bibit-bibit penyanyi berbakat. Kepopuleran musik Korea ini tidak hanya sampai di Asia Tenggara tempat Indonesia berada, namun juga sampai ke Amerika sana.

Dengan kepopuleran yang begitu besar, tidak menjadi masalah jika Boyband dan Girlband Indonesia punya mimpi yang sama ingin menjadi seperti mereka, namun apakah cara yang ditempuh ini sudah benar?

Tirulah Sistem Mereka, Bukan Lagunya !!

Mas imankikuk akan fokus kepada SNSD, menurut teman-teman apakah mereka menjadi terkenal seperti itu hanya dengan sekejap dan instan? Setiap personil SNSD dilatih sedemikian rupa di akademi SM Entertainment selama kurang lebih 5-7 tahun. Bayangkan, 5 sampai 7 tahun lho, sudah pasti gerakan panggung, mental, dansa, suara, penampilan, dan hal-hal lain yang mendukung mereka untuk menjadi idola memang sudah dibekalkan selama di akademi.

Sedangkan Indonesia, khususnya Cherrybelle, mereka hanya 1 bulan dilatih dan buru-buru dikeluarkan karena saat itu Boyband dan Girlband sedang hot-hot nya, sehingga tidak ketinggalan trend. Miris bukan? Bahkan untuk lagu "Best Friends Forever" miliknya sampai harus 80% sama persis dengan lagu "Kissing You" milik SNSD.

Seharusnya Indonesia meniru sistem mereka yang sangat teratur, mencari bakat dari anak-anak dan dididik untuk menjadi idola saat dewasa kelak, dibekali mental dan latihan-latihan yang mendukung mereka agar perform di panggung menjadi enak dilihat.

Terus terang, tadinya mas imankikuk cukup menyukai Cherrybelle dengan lagu "Dilema"-nya, namun setelah mendengar lagu "Kissing You" KW Super ini, mas imankikuk jadi ilfil. Walaupun ilfil dengan lagunya dan Cherrybelle tidak punya authorisasi terhadap lagu tersebut, atau dengan kata lain Cherrybelle hanya mengikuti perintah manajemen untuk menyanyikan lagu tersebut, toh tetaplah yang menyanyikannya adalah Cherrybelle. Melihat mereka di panggung menyanyikan lagu tersebut membuat malu mas imankikuk sebagai orang Indonesia.

Bagaimana Jika SNSD Tahu Tentang Hal ini?

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika SNSD tahu mengenai hal ini? Kemungkinan besar mereka akan melakukan gugatan. Kalaupun mereka tidak menggugat, jika saja mereka menuangkan hal ini disitus resmi mereka, sudah pasti akan membuat malu Indonesia. Yang dibuat malu bukannya Cherrybelle seorang, Indonesia akan terkena getahnya. Indonesia akan dicap sebagai negara plagiat. Dan karena penggemar SNSD tersebar diseluruh negeri, otomatis seluruh dunia akan tahu bahwa Indonesia hanya sebagai negara plagiat.

Indonesia bisa saja diboikot Korea sehingga artis Korea tidak bisa mengunjungi Indonesia lagi. Ingat, pemerintah Korea itu sangat melindungi Hak Warganya, mereka bisa melakukan sesuatu yang ekstrim jika diusik. Sangat berbahaya untuk negara kita.

Apa Yang Sebaiknya Dilakukan CherryBelle dan Manajemennya Menanggapi Hal Ini?

Sebelum Indonesia akan dibuat malu dengan tingkah mereka di dunia internasional, sebaiknya mereka menghapus saja lagu "Best Friends Forever". Lagu "Dilema" sudah sangat bagus untuk didengar, tidak perlu mengotori Nama Cherrybelle dan Nama Indonesia hanya untuk sebuah lagu "Kissing You Copycat". Mas imankikuk yakin, Cherrybelle dan Manajemen bisa membuat lagu yang enak didengar tanpa harus meniru lagu seseorang, dengan begitu warga Indonesia pasti angkat jempol untuk Cherrybelle karena bisa mandiri dalam membuat lagu, tentu saja didukung dengan wajah cantik mereka yang tidak kalah dengan cantiknya SNSD.. :)

+ komentar + 9 komentar

January 27, 2012 at 10:44 AM

emang tuh bener banget,kalo gak percayya dengerin aja,i hate cherry belle,video klip dilema ngikutin Gee,masak lagu Kissing u ampe di jiplak,dasar cherrybelle gak kreatif,payah

Thank'sakinbeauty For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
February 4, 2012 at 3:19 PM

yup aq stuju sm pndpt km:)
menurutq wajar kalo emang om Lee So man bakal nuntut Cerrybellllleeee....

Thank'sdefara13 For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
May 9, 2012 at 2:57 PM

Yg dilema juga plagiat, coba dengerin lagu SNSD - My child, tp plagiatnya paling cuma 10 %

Thank'skiki For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
SeoKyuHyun Elf-Sone
May 15, 2012 at 3:20 PM

aku sebagai warga negara indonesia merasa malu punya artis yg bisanya cuma memplagiat lagu orang.. kalo emang nggak kreatif, mending jangan jadi artis.. daripada buat malu negara..

Thank'sSeoKyuHyun Elf-Sone For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
June 7, 2012 at 1:11 PM

[ perkataan seo yul tentang cherrybelle ]

Saya minta maaf Indonesia. Tapi terus terang saya kecewa dengan Anda, Indonesia. Wajah warga Indonesia memiliki karakteristik khusus yang membuat Anda menarik. Anda harus dapat membuat lagu sendiri tanpa plagiarisme. Saya ingin Indonesia menjadi lebih banyak orang kreatif seperti Agnes Monica yang namanya sekarang sangat terkenal di seluruh dunia. saya tahu berma...in di industri musik Indonesia lebih mudah daripada di Korea. Saya yakin jika Anda ke girlband Korea, Anda tidak akan lebih terkenal daripada di Indonesia. sangat bersyukur memiliki banyak penggemar tapi lebih baik untuk membuat lagu sendiri daripada meniru artis lain. kan? - Yuri Kwon" (ini translate bahasa Indonesia)

ini ada 1 lagi,tapi di acara berbeda disampaikan oleh Seohyun. Terlihat sekali kritiknya.

Saya mendengar bahwa salah satu girlband disebut Cherry Belle dari Indonesia telah membuat plagiarisme melihat gaya kami. Nada salah satu lagu mereka sangat mirip dengan nada lagu kami Disebut Kissing you.Saya kecewa dengan industri musik Indonesia yang tidak bisa menjadi kreatif. apakah kita harus menyertakan nama Indonesia dalam tur konser kami? kita masih ragu untuk menempatkan Indonesia dalam daftar Tur konser kami - Seohyun.
(menerjemahkan Hangul-Inggris)

Thank'sGagk Ngefekk For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
June 21, 2012 at 8:04 PM

@Kiki walau Pun 10% itu juga nama nya Plagiat
seharus nya Cherry Belle Jga Bisa membuat karya ny sendiri jgn meniru ...

Thank'sArif Sawal Young Buck Horvecul For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
Anonymous
December 27, 2012 at 9:02 AM

Pas banget tuh...
kenapa ya artis2 di indonesia bsanya nge copy and nge paste doank...
kreatif dikit napa??

Thank'sAnonymous For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
Anonymous
February 24, 2013 at 10:30 PM

haha benarkah? bens leo aja yang jadi pengamat musik puluhan taun sampe terkaget2 sama kesamaan lagu2 babi belek sama snsd dan ken hirai, bahkan sampe ngecam babi belek bakal selamet kalo snsd sama ken hirai ga ngelaporin babi belek atas tuduhan plagiat. bff saa kissing you http://www.youtube.com/watch?v=LY-e9axAMMQ voleh diliat disini, lebih ari 8 bar bahkan kalo lagunya dicomparepun orang yang bukan pemusik bahkan musisi pun tau ini lagu plagiat

ar siapa yah? bisa kasih bukti otentik dan siapakah itu ar? apakah dia musisi atau hanya karangan twibi belaka? hahaha bego

Thank'sAnonymous For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?
Anonymous
June 17, 2013 at 4:40 PM

Gue stjuju

Thank'sAnonymous For Comment On: Cherry Belle "Best Friends Forever" Plagiat Lagu SNSD "Kissing You"?

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)