Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Cara Menguji Kemurnian Madu Asli

Posted by imankikuk Thursday, January 26, 2012 1 komentar
Seringkali banyak salah persepsi tentang cara menguji mana madu asli dan mana yang bukan. Mas imankikuk akan kasih tau teman-teman cara yang benar untuk menguji kemurnian madu asli. Banyak orang menganggap bahwa madu yang baik tidak beku saat disimpan di kulkas, sebagai tanda tidak diberi tambahan gula (sukrosa maupun fruktosa). Ternyata hal itu tidak selalu menjamin karena madu kualitas jelek juga bisa tahan di lemari pendingin.

Banyak juga orang yang meyakini bahwa madu asli tidak diminati semut. Bagaimana pun ini adalah persepsi yang salah, madu memiliki aroma dan rasa yang manis. Sarang lebah bahkan bisa saja dikerubungi semut, namun karena di sarang lebah terdapat propolis yang tidak disukai serangga, karena itu semut hanya menyukai aroma manisnya saja, dan bagaimanapun juga madu adalah zat yang kental sehingga sulit dihisap semut.

Tak jarang orang mengaitkan madu asli dengan daya ledak jika tutup botol dibuka. Padahal, adanya gas justru menunjukkan madu tersebut memiliki kandungan air berlebih sehingga terjadi fermentasi. Intinya madu tersebut kemungkinan besar sudah dicampur glukosa atau semacamnya.

Madu murni dihasilkan dari lebah tanpa proses pemanasan dan kimiawi apa pun, serta tidak ada tambahan apa pun. Berikut adalah beberapa saran memilih madu yang baik, yang didapat dari produsen madu yang kebunnya berada di pegunungan Chiang May, Thailand, dan berbagai sumber.

Baca Juga :
- Makanan Yang Bergizi Tinggi
- Jangan Kelamaan Tidur Siang!
- Dendam Ternyata Bisa Merusak Jantung

Cara Menguji Kemurnian Madu Asli



1. Tuangkan 1 Sendok Makan Madu ke Dalam Piring, Lalu Tambahkan Air.
Ini merupakan cara paling mudah untuk menguji keaslian madu. Madu yang bermutu jelek akan segera bercampur dengan air, sedangkan madu yang baik akan bergeming. Ia hanya bakal membentuk tekstur atau corak seperti rumah lebah.

2. Tanpa Buih
Bukalah tutup botol, dan periksa apakah madu mengandung banyak buih. Madu yang berkualitas baik tidak mengandung buih. Timbulnya buih menandakan telah terjadi fermentasi akibat kandungan air yang tinggi.

3. Rasanya Tidak Asam
Madu yang memiliki rasa asam bertanda telah mengalami fermentasi. Bisa karena kandungan airnya kelewat banyak. Selain itu, kemungkinan madu tidak ditutup rapat saat penyimpanan sehingga menyerap air dari sekelilingnya. Karena itu, madu harus ditutup secara rapat.

4. Kandungan Sukrosa Rendah
Madu yang berkualitas tinggi berdasarkan standar Standar Nasional Indonesia (SNI) kadar sukrosanya tidak boleh lebih dari 10 persen. Cara ini mungkin yang paling sulit karena harus melalui uji lab dengan pengujian sukrosa. Kadar Sukrosa madu terbaik adalah sekitar 1-3 persen, namun selama belum lebih dari 10 persen madu tetap dalam kondisi baik.

Khasiat Madu



Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat dari madu, dalam mengkonsumsi sebaiknya menggunakan takaran yang direkomendasikan dan dicampur dengan air hangat sebanyak satu gelas.

Pagi :
Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan.
Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan
Siang :
Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan
Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan
Malam :
Orang Dewasa : 30 gr / 1 sendok makan
Anak-anak : 15 gr / 1/2 sendok makan

Dengan minum madu tiga kali sehari sebanyak 1 sendok makan tiga kali sehari (24 jam) untuk orang dewasa sudah cukup, jika minum teratur akan bisa menjaga kesehatan badan, dan bagi yang baru sembuh dari penyakit bisa cepat pulih kesehatannya. Suhu tubuh akan stabil, detak jantung akan lebih stabil. Teh hangat yang dicampur madu adalah minuman yang bagus untuk mengawali hari.

Jika takaran aturan minum tertera tersebut di atas membuat mencret (diare), disarankan supaya mengurangi takarannya karena madu asli akan mempengaruhi aktifitas kelenjar getah perut, jika sudah terbiasa takarannya bisa ditambah. Madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah basi/membusuk.

Macam-Macam Jenis Madu



Bermacam jenis madu, hal ini tergantung dari musim bunga, jika Tawon digembala ditempat-tempat perkebunan akan diperoleh jenis madu menurut perkebunan atau hutan itu, dibawah ini merupakan bermacam jenis madu yang ada dipasaran :
Madu Bunga Kapuk (Randu)
Madu Bunga Karet
Madu Bunga Kopi
Madu Bunga Lengkeng
Madu Bunga Sonokeling
Madu Bunga Durian
Madu Bunga Rambutan
Madu Bunga Apel
Madu Bunga Jambu air
Madu Bunga Mangga
Madu Bunga Kaliandra
Madu Bunga Mahoni
Madu Bunga Jambu Mede
Madu Hutan
Madu berbagai jenis seperti di atas biasanya tertulis juga Madu Royal Jelly atau Madu Murni, Madu Royal Jelly harganya lebih mahal.

Terima Kasih :
- Dlufffi dari kaskus.us

+ komentar + 1 comment

April 15, 2012 at 8:18 PM

thank infonya ^^
untuk informasi mendapatkan madu asli dan "super royal honey"
kunjungi Royal Honey ya :D

Thank'sRoyal Honey For Comment On: Cara Menguji Kemurnian Madu Asli

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)