Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

8 Hal Yang Membuat Otak Cerdas

Posted by imankikuk Saturday, January 28, 2012 3 komentar
Otak itu ibarat sebuah volume bak air. IQ atau kecerdasan intelektual adalah besar volume bak tersebut. Besar IQ seseorang itu berbeda-beda, yang pasti pemberian dari ALLAH SWT, namun bukan berarti orang ber-IQ biasa saja itu lebih buruk dari orang yang ber-IQ tinggi. Mas imankikuk kasih analogi seperti ini, sebuah bak yang besar berukuran 10 Liter dibandingkan dengan bak berukuran 5 Liter, namun bak yang berukuran 10 Liter itu hanya diisi oleh air sebesar 2 Liter, sedangkan bak 5 liter itu diisi hampir penuh sebesar 4,9 Liter. Itu adalah analogi otak seseorang, walaupun mempunyai IQ tinggi namun tidak dimaksimalkan untuk belajar, bisa jadi dia akan kalah oleh orang yang tekun dan pantang menyerah.

Baca Juga :
- Dampak Buruk Bangun Siang
- Manfaat Bangun Pagi
- Makanan Yang Bergizi Tinggi


8 Hal Yang Dapat Membuat Otak Menjadi Cerdas

1. Ambillah Dosis EPA Secukupnya



EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikan kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.

2. Kerjakan Sebuah Teka-Teki



Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

3. Pergi Berjalan Kaki Untuk Menghirup Udara Segar



Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih. Sebaiknya dilakukan setelah shalat subuh, karena udara saat itu sangat fresh dan belum terlalu terkontaminasi oleh polusi.

4. Mempelajari Bahasa Baru



Mempelajari bahasa baru dapat mengurangi sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan peredaran darah dan koneksi saraf yang baik. Saran dari mas imankikuk, pelajari B. Inggris untuk mengetahui teknologi terbaru, pelajari B. Arab agar bisa lebih memahami kandungan Al-Quran, dan pelajari B. Korea untuk calon istri nanti. Hahaha..

5. Tertawa



Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya. Jika teman-teman mau ketawa setiap hari, mas imankikuk punya obat mujarabnya, jam 8 malem setelah sholat Isya tongkrongin itu Trans7 acara Opera Van Java, dijamin bisa ketawa. Atau bisa juga download Variety Show nya orang Korea, mau artis terkenal atau bukan yang jadi bintang tamunya, tetap aja lucu..

6. Menjadi Kreatif



Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

7. Belajar Melempar Barang



Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

8. Berhubungan Dengan Sifat Kekanak-kanakan Anda



Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2). Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran Anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”, Anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, Anda mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.

Terima Kasih :
- abulamedia.com
- rachmatramadhan dari kaskus.us

+ komentar + 3 komentar

January 28, 2012 at 11:28 AM

tips menarik sob, bisa jadi stimulan buat daya kerja otak kita..nice share, thanks

Thank'swongcrewchild For Comment On: 8 Hal Yang Membuat Otak Cerdas
January 29, 2013 at 12:05 PM

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Thank'sCara Membesarkan Payudara For Comment On: 8 Hal Yang Membuat Otak Cerdas
October 21, 2013 at 4:26 PM

Coba juga dengan mengkonsumsi sari pati ayam. Liat disini ya? http://on.fb.me/161claS :)

Thank'sSamBung Cerita For Comment On: 8 Hal Yang Membuat Otak Cerdas

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)