Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Jangan Kelamaan Tidur Siang !

Posted by imankikuk Monday, November 21, 2011 1 komentar


Tidur siang bisa menjadi hal yang sangat baik, namun jika kita salah menerapkannya bisa berakibat sangat buruk. Dalam beberapa pembahasan, tidur siang sangat di anjurkan untuk mempertajam ingatan kita, tapi tidur siang yang bagaimanakah yang bisa mempertajam ingatan?

Kualitas Tidur atau Kuantitas Tidur yang Utama?

Tidur siang tidak boleh disamakan dengan tidur di saat malam hari, fungsi tidur siang hanyalah untuk merefresh otak yang telah lelah untuk bekerja seharian, karena itu tidak boleh terlalu lama. Sedangkan untuk tidur malam, ini adalah saat total dimana seluruh tubuh beristirahat.

Kebanyakan orang selalu berpikir bahwa tidur yang baik adalah 7-8 jam sehari. Ini adalah sebuah statement yang menjebak, karena pertanyaannya adalah tidur yang 7-8 jam sehari yang bagaimana yang baik? Untuk teman-teman ketahui, ada seseorang yang tidur 7-8 jam sehari, namun ternyata ketika bangun, tubuhnya merasa sangat loyo. Sedangkan ada seseorang yang lain yang tidur hanya 4 jam sehari namun ketika bangun tubuhnya sangat fresh. Kesimpulannya, bukan kuantitas tidur yang menjadi prioritas utama melainkan kualitas tidur nya.

Note : 1 jam tidur berkualitas lebih baik dibandingkan dengan 8 jam tidur tidak berkualitas.


Tidur siang yang lama tidak baik untuk kesehatan

1. 10 Menit
Tidur siang selama 10 menit secara langsung menghilangkan kekakuan dan meningkatkan kerja otak setidaknya selama 2,5 jam. Sementara kalau hanya 5 menit, percuma saja.

2. 20 Menit
Keuntungannya akan menambah reaksi Anda terhadap kecepatan dalam mengerjakan pekerjaan berhitung. Namun, tentu saja efeknya tidak segera terjadi. Setidaknya butuh 35 menit untuk menetralkan kondisi otak setelah bangun dari tidur.

3. 30 Menit
Awalnya Anda akan merasa masih mengantuk, namun selama 5 menit kemudian Anda akan lebih waspada dan secara mental segar untuk waktu selama 90 menit. Tetapi, tidur selama 10 menit lebih baik, untuk menghindari efek tidak menyenangkan karena terlalu banyak tidur.

4. 45-90 Menit
Selama 45-90 menit, Anda menuju ke arah tidur nyenyak, namun tanpa menyelesaikan siklus tidur dengan lengkap. "Tubuh Anda akan terasa lebih tidak enak setelah bangun tidur, dibandingkan sebelum tidur, " ujar Dr. W. Christopher Winter.

5. 90-110 Menit
Rata-rata siklus tidur orang kurang dari 90 menit, waktu yang ideal untuk tidur siang dengan waktu cukup lama. Jika tidur siang lebih dari waktu itu, kemungkinan merupakan tanda-tanda gangguan tidur, ujar Dr. Winter. [tempointeraktif]

+ komentar + 1 comment

ariska
April 11, 2012 at 11:57 AM

sangat brmanfaat^^

Thank'sariska For Comment On: Jangan Kelamaan Tidur Siang !

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)