Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

5 Makanan Khas Korea Selatan

Posted by imankikuk Thursday, October 20, 2011 3 komentar
Bagi yang mau jalan-jalan ke Korea, sebaiknya anda mencicipi beberapa masakan khas Korea berikut ini. Tapi bagi anda yang beragama Islam harap berhati-hati dalam memilih makanan disana yah, bukan saja karena banyak makanan yang mengandung daging Babi, tapi juga karena penyembelihannya kan tidak islami, kalo mau aman ya kimchi atau makanan laut saja. (Baca Tentang Hal Unik di Korea Selatan)

1. KIMCHI



Kimchi adalah makanan yang wajib dihidangkan di meja makan keluarga di Korea Selatan. Kimchi merupakan jenis makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar, umumnya dibuat dari sawi putih, bayam, lobak dan sayuran sejenisnya. Karena sudah melewati masa fermentasi, maka kimchi adalah makanan yang tahan lama. Di Korea Selatan setiap keluarga/ ibu rumah tangga mahir membuat kimchi. Biasanya menjelang musim dingin/ salju ibu rumah tangga di Korea sana membikin kimchi untuk disimpan sebagai cadangan makanan ketika melewati musim dingin. Bahkan awetnya bisa sampai satu tahun. Ini merupakan salah satu kearifan lokal di Korea.

Kimchi banyak mengandung gizi seperti vitamin A, B1, B2 dan serat. Citra rasanya cenderung pedas. Cara membuat kimchi sangat mudah, pertama sawi yang masih utuh dicuci bersih, kemudian digarami merata setiap helai daun, kemudian siapkan bumbu yang sudah dihaluskan terdiri dari jahe, cabai, udang rebon, bawang putih, kecap ikan. Setelah itu, sawi yang sudah dilumuri garam, dibaluri lagi denganbumbu alus tadi. Lantas masukkan ke dalam tempayan tutup rapat. Tunggu masa fermentasi sampai lima hari.

2. GALBI



Galbi adalah masakan khas Korea yang terbuat dari daging iga sapi dan iga babi. Cara masakannya dipanggang di atas bara arang. Dengan bumbu yang simple, seperti kecap asin dan minyak wijen dengan cocolannya saus tiram. Masakan ini biasanya disajikan pada musim dingin dan musim gugur.

3. BULGOGI



Bulgogi merupakan makanan khas Korea yang mudah dijumpai di restoran-restoran Korea di Indonesia. Bulgogi merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, cara mengolahnya di panggang di atas bara api, bumbunya hampir mirip dengan galbi terdiri dari minyak wijen dan kecap saus tiram.

4. GUJEOLPAN



Gujeolpan berarti "Piring yang Terbagi Sembilan", ini terdiri atas beberapa sayuran dan daging yang disajikan dalam lapisan panekuk. Biasa disajikan saat perayaan dan pernikahan.

5. SINSEOLLO



Adalah sup rebusan berisi sayur-sayuran dan bakso daging dalam panci.

thanks to insomniz from kaskus.us

+ komentar + 3 komentar

December 23, 2011 at 9:53 AM

kepingin rasanya nyobain Korea,, kayaknya ini blog ngebahas Korea abis.."like it" oya kamu udah gabung blm di fanpage nyaKorea Tourism Organization Indonesiadisana kemaren liat ada event baru terus hadiahnya juga menarik. nama eventnya " Share your dream, Destination in Korea!" Untuk bisa mengikuti event ini, lo bisa mengirimkan cerita pengalaman ketika berkunjung ke Korea, atau memberi komentar kepada salah satu dari 7 cerita pemenang (Winners Stories)...

Thank'sjamal lewinsky For Comment On: 5 Makanan Khas Korea Selatan
December 23, 2011 at 10:10 AM

@jamal lewinsky : wah ternyata ada fanpage nya yah.. Coba nanti saya berkunjung kesana mas.. Blog ini masih minim membahas tentang korea mas.. :D

April 13, 2012 at 1:34 PM

terus sekarang juga ada lomba nge blog di fanpage Korea Tourism Organization itu, namanya Touch Korea Tour yang mnan bisa ke Korea juga n ketemu 2PM dan Miss A,, saya juga lagi ikut ^^

Thank'sjamal lewinsky For Comment On: 5 Makanan Khas Korea Selatan

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)