Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Profesional Kunci Sukses Dunia Akhirat

Posted by imankikuk Saturday, August 14, 2010 3 komentar


“Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin termasuk orang yang beruntung, barang siapa hari ini sama dengan hari kemarin termasuk orang yang lalai dan barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin termasuk orang yang merugi.”

Rangkaian kalimat diatas merupakan sebuah hadist popular yang bisa kita jadikan motivasi untuk senantiasa memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik dan masuk dalam golongan orang–orang yang beruntung. Arti beruntung dalam kalimat ini bukan beruntung dari sisi materi saja atau bersifat duniawi tapi beruntung dalam arti sukses dunia akhirat.

Bagaimana kita bisa meraih sukses dunia dan akhirat ? Bagaimana kita bisa termasuk orang-orang yang beruntung ? Tentu saja tidak semudah membalik telapak tangan, akan tetapi bukan suatu kemustahilan kita bisa meraih kesuksesan tersebut. Dengan senantiasa memperbaharui niat kita dan dengan formula yang jitu insya Allah kesuksesan dunia akhirat bisa kita raih. Kunci nya adalah menerapkan sikap professional pada setiap langkah-langkah kehidupan kita. Benarkah kita sudah bersikap professional ?

Kita bisa mengukur sikap professional kita dengan cara antara lain :

  1. Sabar, arti sabar di sini adalah berfikir sebelum bertindak. Yaitu tidak mengedepankan emosi sehingga tindakan yang akan dilakukan tidak merugikan atau menyakiti orang lain. Contoh yang sederhana dan sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat adalah ada dua orang ibu yang tidak saling menyapa berhari-hari hanya karena perselisihan anak. Seperti kita ketahui dunia anak-anak memang seperti itu, sebentar gaduh masalah sepele tapi tak berselang lama mereka sudah akur kembali, sementara kedua orang tua belum akur. Hal tersebut tidak akan terjadi jika kedua pihak bisa bersifat sabar sehingga tindakan yang dilakukan tidak menciderai nilai-nilai yang kehidupan bertetangga yang sudah dibangun lama yang akhirnya musnah sekelip mata.
  2. Lapang dada, arti lapang dada di sini adalah siap menerima masukan atau kritikan.Tidak semua masukan atau kritikan itu bersifat menjatuhkan atau mendiskreditkan suatu pekerjaan justru dari masukan atau kritikan itu bisa menjadi bahan evaluasi dari pekerjaan yang sudah kita lakukan dan bisa menjadi tolok ukur langkah selanjutnya.
  3. Tidak meremehkan orang lain, arti tidak meremehkan orang lain ini adalah memandang semua pekerjaan itu penting, setiap orang yang kita jumpai itu orang penting buat kehidupan kita tanpa memandang pangkat, derajat dan kedudukan. Namun sering kita jumpai seseorang akan bersikap hormat jika bertemu orang yang berpangkat atau lebih tinggi posisi pekerjaannya, sebaliknya akan memandang remeh pada orang yang pekerjaannya di nilai hina missal pembantu rumah tangga, kuli bangunan, tukang sapu jalan dan lain sebagainya.

Ketika ketiga prinsip tersebut diatas terpatri dalam sanubari kita, bisa dipastikan setiap gerak, langkah dan pikiran akan bersinergi menuju sikap professional yang akan menghantarkan kita pada kesuksesan dunia dan kesuksesan akhirat. Dan sudah bisa dipastikan kita akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung. Wallahualam.

sumber : http://www.eramuslim.com

+ komentar + 3 komentar

September 25, 2010 at 1:22 PM

tnx ats pencerahannya sob....sdkt adem nih ati ini...tq

Thank'stiwi For Comment On: Profesional Kunci Sukses Dunia Akhirat
September 25, 2010 at 4:17 PM

makasih telah berbagi sob...

mudah-mudahan kita dapat menjadi golongan org2 yg beruntung....

amin...

Thank'sisal For Comment On: Profesional Kunci Sukses Dunia Akhirat
October 1, 2010 at 12:03 AM

@tiwi : wah, bersyukur banget kalo memang artikel ini bisa membantu..

@isal : amin sob... :)

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)