Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Mandi Jumat

Posted by imankikuk Friday, July 23, 2010 0 komentar


TANYA:
Assalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuuh
Ustadz Abdulloh yang ana cintai karena Alloh, ana mau bertanya : apa hukum mandi jumat? kapan paling afdhol melakukan mandi jumat; waktu pagi hari jumat atau waktu hendak berangkat ke masjid? Sukron

Wassalaamu'alaikum warohamtullohi wabarokaatuuh

JAWAB :
Waalaikum Salam Warahmatullah Wabarakatuh

Segala puji hanya bagi Allah, Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah, keluarga dan sahabatnya yang setia sampai hari kiamat, amma ba’du;

Saudaraku –Barokalloh Fiik,

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan Ulama tentang hukum mandi hari Jum'at dikarenakan adanya hadis yang tampaknya bertentangan, yaitu:
Dari Abu Said Al-Khudry –Radhiallahu 'Anhu bahwasanya Rasulullah –Shallallaahu 'Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Mandi hari Jum'at itu adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh." (HR. Bukhari dan Muslim).
Hadis ini menurut dhahirnya adalah mewajibkan.

Dari Samurah bin Jundab –Radhiallahu 'Anhu bahwasanya Rasulullah –Shallallaahu 'Alaihi Wa 'Ala Alihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa yang berwudhu pada hari Jum'at berarti telah menjalankan sunnah dan sudah baik, dan barangsiapa yang mandi maka itu lebih utama." (HR. Imam Ahmad, At-Tirmidzi dll dengan sanad hasan).
Hadis ini menurut dhahirnya adalah menyatakan lebih utama dan afhdal.

Oleh karena inilah sebagian Ulama menyatakan hukumnya adalah wajib dan sebagian yang lain menyatakan sunnah. Dengan demikian mereka mengamalkan satu hadis dengan membuang hadis yang lain.
Ada pula diantara Ulama' yang mengamalkan semua hadis dalam masalah ini dengan memerinci hukum mandi hari Jum'at, yaitu:
- Hukumnya wajib bagi orang yang badannya mengeluarkan bau kurang sedap dan mengganggu orang disekitarnya.
- Hukumnya sunnah dan afdhal bagi orang yang badannya tidak seperti itu.

Adapun waktu mandinya dimulai setelah masuk waktu Shubuh hari Jum'at dan yang afdhal adalah menjelang pergi ke masjid untuk shalat Jum'at.

Semoga Jelas dan Bermanfaat.

Wallaahul Musta'aan.

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)