Adsense Link 728 X 15;

Fakta Mengenai Kesiapan Banjir

Posted by imankikuk Saturday, July 24, 2010 0 komentar


Persiapan untuk Banjir

Di bawah ini adalah langkah-langkah dasar yang dapat dipakai untuk persiapan terhadap badai/banjir :
· Kontak ahli geologi atau departemen perencanaan setempat untuk mencari tahu apakah rumah Anda terletak di daerah yang cenderung terkena banjir atau tanah longsor.
· Pelajari rencana darurat komunitas setempat, sinyal bahaya, rute evakuasi, dan lokasi tempat penampungan darurat.
· Rencanakan dan latih rute evakuasi banjir dengan keluarga Anda. Tanyakan relasi atau teman di luar kota untuk menjadi kontak keluarga saat keluarga terpisah selama banjir. Pastikan setiap orang dalam keluarga mengetahui nama, alamat, dan nomor telepon dari orang tersebut.
· Tinggalkan nomor telepon darurat di setiap telepon yang ada.
· Beritahukan otoritas setempat mengenai adanya kebutuhan khusus, seperti adanya lansia atau orang cacat.
· Identifikasi risiko bahaya di rumah dan mengetahui bagaimana cara pengamanan atau perlindungan yang diperlukan sebelum dilanda banjir. Persiapkan untuk mematikan aliran listrik saat air mulai menggenangi rumah, putuskan aliran listrik, atau sebelum evakuasi. Matikan gas dan persediaan air sebelum evakuasi. Amankan secara struktural material-material bangunan yang tidak stabil.
· Milikilah alat pemadam kebakaran dan pastikan seluruh anggota keluarga mengetahui tempat penyimpanan dan cara penggunaannya.
· Miliki dan pasang pompa penyedot air dengan tenaga listrik cadangan (genset).
· Mempunyai ahli listrik yang kompoten untuk menaikkan komponen-komponen listrik yang ada di rumah minimal 12 inchi (30cm) diatas perkiraan tingginya banjir.
· Untuk saluran air, toilet dan koneksi saluran pipa yang lain, pasanglah klep arus balik untuk mencegah masuknya banjir.
· Kaitkan dan kunci tangki yang dapat mengkontaminasi basement Anda jika tangki tersebut sobek. Tangki yang tidak terkunci/terkait dengan aman dapat terbawa arus dan merusak rumah lain.


Jika Anda dibawah pengawasan atau peringatan atas banjir

· Kumpulkan persediaan darurat yang sebelumnya telah dipersiapkan di dalam rumah dan dengarkan radio dan televisi lokal untuk informasi terbaru.
· Matikan semua peralatan pada sekring utama dan tutup klep gas utama jika terjadi evakuasi.
· Siapkan catatan imunisasi yang ada, atau berjagalah pada suntikan tetanus terakhir, jika sewaktu-waktu Anda menerima luka tusukan atau luka lain akibat terkontaminasi selama atau setelah banjir.
· Penuhi bak mandi, bak cuci, atau botol-botol soda dengan air bersih. Sanitasikan terlebih dahulu tempat-tempat penampung air tersebut dengan menggunakan pemutih. Kemudian bilas dan isi dengan air bersih.
· Simpan di dalam rumah peralatan berkebun Anda seperti furnitur untuk berkebun, alat pemanggang dan tempat sampah supaya aman.


Persediaan Darurat yang Dibutuhkan

Anda harus menyediakan stok dirumah dengan persediaan yang diperlukan di saat darurat. Beberapa persediaan minimum yang harus ada, diantaranya :
· Beberapa bak air yang bersih yang dapat dipergunakan untuk menampung air bersih yang diperlukan selama 3-5 hari (kira-kira 5 galon untuk setiap orangnya).
· Suplai makanan yang tidak dapat bertahan lama untuk 3-5 hari dan pembuka kaleng manual.
· Alat-alat pertolongan pertama dan manual, serta persediaan obat resep dan obat khusus lain yang diperlukan.
· Persediaan baterai cadangan untuk radio, senter.
· Kantong tidur dan selimut ekstra.
· Persediaan bahan-bahan untuk pemurnian air, seperti klorin atau tablet iodine, atau pemutih klorin biasa.
· Makanan bayi, diaper, dan perlengkapan bayi lainnya.
· Kain bersih sekali pakai seperti tisu basah, jika sewaktu-waktu dapat digunakan jika tidak tersedia tempat untuk mandi.
· Perlengkapan kebersihan personal seperti sabun, pasta gigi, serbet, dll.
· Peralatan darurat untuk mobil Anda seperti makanan, suar api, kabel booster, peta, peralatan, perlengkapan pertolongan pertama, alat pemadam kebakaran, kantong tidur, dll.
· Sepatu boot karet, sepatu yang kuat, dan sarung tangan anti air.
· Lotion anti nyamuk yang mengandung DEET atau Picaridin, atau pakaian lengan panjang untuk perlindungan terhadap nyamuk yang kemungkinan terkumpul di kubangan-kubangan bekas banjir. (informasi lebih lanjut mengenai lotion anti nyamuk dapat dibaca di kertas temuan “Updated information regarding Insect Repellent” di www.cdc.gov/ncidod/dvbid/westnile/RepellentUpdates.htm.)


Persiapan Evakuasi

Berharap untuk evakuasi dan bersiap-siaplah untuk itu. Ketika ada pengumuman dari pemantau banjir, hal-hal yang harus dilakukan adalah :
· Isilah tangki bahan bakar kendaraan Anda dan pastikan semua peralatan emergensi telah tersedia di dalam mobil.
· Jika tidak ada kendaraan, buatlah perjanjian dengan teman atau keluarga untuk persediaan transportasi.
· Isilah bak-bak penampung air.
· Review lagi rencana darurat Anda dan perlengkapan lain, periksa ada tidaknya barang-barang yang terlewat atau hilang.
· Dengarkan radio atau televisi untuk informasi cuaca terbaru.
· Dengarkan sirene bahaya dan sinyal lain.
· Tempatkan ternak dan binatang peliharaan Anda di area yang aman. Siapkan pula makanan dan sanitasi yang dibutuhkan, karena di tempat penampungan darurat tidak menerima binatang.
· Atur termostat pada lemari pendingin dan freezer pada suhu yang paling dingin.


Jika Anda Diperintahkan untuk Evakuasi

Anda tidak boleh mengabaikan perintah untuk evakuasi. Wewenang langsung memerintahkan Anda untuk meninggalkan rumah jika tempat tinggal Anda berada di dataran rendah atau di daerah potensial naiknya air. Jika peringatan banjir telah dikeluarkan untuk daerah Anda atau Anda telah diberikan wewenang untuk evakuasi, hal-hal yang diperlukan antara lain:
· Bawalah barang-barang yang penting.
· Jika masih banyak waktu, matikan gas, listrik dan air.
· Matikan juga peralatan rumah tangga yang tersambung listrik untuk mencegah arus pendek.
· Ikuti rute evakuasi yang telah ditentukan dan kemungkinan kena kemacetan.
· Jangan mencoba untuk mengendarai kendaraan atau berjalan di teluk atau jalanan yang banjir.


Jika Anda Tidak Diperintahkan untuk Evakuasi

Untuk melalui badai dalam keadaan paling aman, yang dapat dilakukan antara lain :
· Monitor radio dan televisi untuk informasi cuaca terbaru.
· Persiapan evakuasi ke tempat penampungan atau rumah tetangga jika rumah Anda mengalami kerusakan, atau jika Anda diperintahkan untuk melakukan hal itu oleh petugas yang berwenang.

Sumber : Fact Sheet-Key Facts About Flood Readiness (www.bt.cdc.gov/disasters/floods)

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)