Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Cara Cepat Dinginkan Udara Tanpa AC

Posted by imankikuk Friday, July 23, 2010 0 komentar


DENGAN udara yang kian hari kian panas, semua orang rasanya mencari cara untuk menyejukkan tubuh. Menghidupkan AC pasti solusinya. Tapi sayang, tidak semua orang bisa melakukannya.

Pada beberapa kalangan masyarakat, pemakaian AC mulai dikurangi. Alasannya, ingin menurunkan tagihan listrik, menghemat energi, tidak punya AC, dan sebagainya. Kalau Anda adalah salah satunya, berikut lima cara cepat agar tubuh tetap sejuk di musim panas, seperti dikutip Modern Mom.

Tutup jendela

Membiarkan jendela terbuka di siang hari akan memanaskan udara dalam rumah. Karena itu, tutup jendela termasuk tirai sebelum matahari menembus jendela di pagi hari. Kemudian, buka jendela di malam hari jika udara di luar lebih dingin daripada di dalam rumah. Udara dingin malam hari akan bersirkulasi dengan udara panas dalam ruangan akibat panas matahari siang hari.

Konsumsi makanan dingin

Pada hari yang panas, mengonsumsi makanan dingin akan menurunkan suhu tubuh Anda, terutama makanan berbahan sayur-sayuran dan buah-buahan (misal salad dan es buah).

Berenang atau mandi air dingin

Ingin solusi lebih cepat? Ambil es batu dan oleskan pada bagian dalam pergelangan tangan Anda. Pembuluh darah sangat dekat dengan kulit di daerah tersebut. Dengan es batu, tubuh Anda akan segera merasa lebih dingin.

Matikan lampu

Bola lampu pijar tidak hanya menghasilkan banyak cahaya, tetapi juga banyak panas. Sebaiknya, pertimbangkan solusi untuk mengganti bola lampu ruangan. Selain mendinginkan, mematikan lampu juga menghemat energi dan uang Anda.

Gunakan kipas angin

Jika Anda memiliki ceiling fan (kipas angin gantung), pastikan baling-baling kipas berada di arah yang benar. Ceiling fans dapat digunakan pada musim dingin untuk membelokkan arus dingin ke atas ruangan.

Jika Anda menggunakan standing fan, tempatkan di depan Anda sambil menyemprotkan air bening dari botol semprot (spritzer). Ketika air menguapkan udara panas dari kulit, tubuh Anda akan segera merasa lebih dingin. Sementara untuk bepergian, Anda bisa menggunakan kipas mini dengan spritzer.

Solusi lebih permanen

Ada solusi lebih permanen untuk mengalahkan panas tanpa harus memakai AC. Salah satunya adalah menanam pohon di daerah strategis, seperti pekarangan rumah. Solusi lainnya adalah memasang penyekat loteng untuk menjaga udara dingin di rumah Anda “kabur” melalui langit-langit.

Jika Anda menggunakan pendingin udara sentral, pastikan untuk menutup saluran, terutama ventilasi di mana Anda dapat kehilangan hingga 20 persen udara dingin. Terakhir jika Anda menyukai penampilannya, siapkan tenda (awning) untuk mengurangi panas dari sinar matahari yang diserap rumah Anda.

sumber : http://okezone.com

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)