Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Tips Sehat ala Piala Dunia

Posted by imankikuk Saturday, June 26, 2010 0 komentar
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mulai menerima pasien-pasien yang jatuh sakit karena intens mengikuti Piala Dunia. Menurut Dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB, seorang dokter di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, keadaan ini sebenarnya bisa dicegah dengan sejumlah tips sederhana.

"Hal yang akan terjadi jika kita secara terus menerus menonton siaran langsung sepakbola baik sore, malam maupun dini hari adalah kurang tidur," kata Ari dalam pesan elektronik, Kamis 17 Juni 2010. "Apalagi jika pagi hari sampai
sore harinya kita harus bekerja, maka waktu tidur kita akan berkurang," katanya.

Belum lagi, saat menonton suatu pertandingan sepak bola, badan biasanya tidak hanya duduk tenang, kadang kala berteriak dan juga bergerak-gerak. Oleh karena itu jika kondisi ini terus menerus terjadi setiap malam maka kondisi ini akan menyebabkan kelelahan bagi orang yang menjalaninya.

Dampak kelelahan bagi kesehatan adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Kelelahan serta stres yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal di dalam tubuh.

"Dalam menonton pertandingan sepak bola kita akan merasa kecewa jika tim yang kita unggulkan kalah. Rasa kecewa inipun akan mengganggu tidur kita," kata Dokter Ari.

Kondisi itu bisa diperburuk oleh konsumsi rokok dan kopi yang berlebihan. Belum lagi ditambah konsumsi suplemen dan minuman berenergi yang umumnya mengandung ginseng dan kafein.

Akibatnya, kemudian muncul berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistim pencernaan, gangguan sistim jantung dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak serta penurunan daya tahan tubuh. Kondisi kelelahan juga membuat tubuh lemah dan mudah terserang virus dan penyakit.

"Apabila sudah ditemukan adanya gangguan kesehatan seperti mual muntah dan sakit kepala serta nyeri dada adalah peringatan agar kita untuk memulai beristirahat dan mengurangi nonton bola terutama siaran langsung dini hari," ujar Ari.

Lalu bagaimana tips agar tetap sehat? Berikut saran Dokter Ari:
1. Pertahankan jumlah tidur minimal 6 jam sehari, di mana ada kesempatan untuk beristirahat maka dianjurkan
untuk beristirahat;
2. Tetap memperhatikan waktu makan minimal tiap 6 jam, sebaiknya di sela waktu makan ada makanan yang dikonsumsi terutama makanan yang sehat yang tidak mengandung coklat, keju, berlemak dan mengurangi goreng-gorengan;
3. Minum air putih harus tetap dipertahankan sebanyak minimal 2 liter per hari;
4. Lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Di waktu antara makan baik juga untuk selalu menkonsumsi
buah;
5. Mengurangi menghisap rokok, minuman bersoda, minum kopi jangan berlebih-lebihan maksimal 2 gelas sehari;
6. Suplemen sebaiknya juga jangan berlebihan dikonsumsi dan sebaiknya juga dihindari minuman yang berkafein atau mengandung ginseng karena sebenarnya yang dibutuhkan tubuh saat itu adalah istirahat;
7. Selain itu juga yang terpenting melakukan olah raga secara teratur.

Selamat menikmati Piala Dunia!

sumber : http://pialadunia.vivanews.com








Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)