Peraturan 3 : "Jika Dia Bukan Jodohmu, Maka Dia Bukanlah Yang Terbaik Untukmu, Dan Kamu Bukanlah Yang Terbaik Untuknya"

Menyembunyikan Folder dengan Command Prompt (cmd)

Posted by imankikuk Friday, June 25, 2010 0 komentar
Kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu saya tentang atribut dalam Command Prompt atau lebih sering kita kenal dengan cmd. Sering sekali kita mendengar keluhan tentang data-data yang disembunyikan secara super hidden oleh virus. Apa itu super hidden? Super Hidden itu menyembunyikan file secara berlapis karena data tersebut dianggap sebagai system file, cara membukanya yakni melalui tools->folder option->tab view->pilih option show hidden files and folders dan hilangkan tanda centang pada Hide protected operating system file..

Gupek banget ya, saya akan menjelaskan bagaimana menyembunyikan serta menampakkan data yang super hidden tersebut..


Menyembunyikan Data secara Super Hidden

Supaya Lebih mudah langsung saya kasih contoh :
Saya ingin menyembunyikan folder bernama "imankikuk" di drive D secara super hidden, langkah-langkah yang harus saya lakukan adalah seperti ini :



1. pilih menu run(windows + r) dan ketikkan cmd
2. ketikkan D:\>attrib +s +h imankikuk (seperti gambar dibawah ini)


3. Lihat Hasilnya seperti ini



Menampakkan Data Yang Super Hidden

Jika saya ingin menampakkan lagi folder bernama "imankikuk" tadi, maka yang harus saya lakukan adalah :
1. pilih menu run(windows + r) dan ketikkan cmd
2. ketikkan D:\>attrib -s -h imankikuk /s /d (seperti gambar dibawah ini)


3. Lihat hasilnya, maka folder tersebut akan muncul kembali seperti biasa

Note>>
Kode-kode yang digunakan untuk attrib cmd beserta keterangan fungsinya :
Tanda [+] : untuk memakai attribut tersebut
Tanda [-] : untuk menghilangkan attribut tersebut
Huruf [s] : attribut system file
Huruf [h] : attribut hidden file
Huruf [a] : attribut arsip file
Huruf [r] : attribut read-only file
Tanda [/s] : memproses attribut pada folder dan subfolders
Tanda [/d] : memproses folder seperti biasa

Selamat Mencoba..

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya melalui kotak komentar di bawah ini.. Jangan Spam, SARA dan Hiddden Link..

Bagi yang ingin meng-copy artikel mas imankikuk juga boleh saja, asalkan sumber dari imankikuk.blogspot.com juga ikut dicantumkan.. Hargai sesama blogger yah.. :)